SEKILAS TENTANG LABEL BARCODE

Label Barcode adalah sejenis stiker yang digunakan sebagai media untuk mencetak informasi suatu produk dengan menggunakan Printer Barcode. Label Barcode adalah elemen yang tidak dapat terpisahkan dari Sistem Barcoding. Label Barcode sendiri ada beberapa macam tergantung spesifikasi bahan.
Label Barcode yang banyak digunakan di Indonesia antara lain : Semicoated, Vallum TTR, Yupo, Silver Mate dan Chromo. Mungkin apabila ada perbedaan nama hanya didasarkan istilah yang digunakan di setiap produsen Label Barcode. Tapi nama-nama Label Barcode diatas merupakan yang paling umum digunakan

Penggunaan Label Barcode

Penggunaan Label Barcode sekarang ini hampir semua sektor sudah mengaplikasikannya. Diantaranya adalah Retail, Usaha Kecil dan Menengah, Garmen, Konveksi, Warehouse, PLN dan PDAM serta Industri Tekstil. Karena teknologi Barcode sekarang sudah diterapkan di berbagai lini atau proses kerja maka semakin banyak juga yang menggunakan Label Barcode.
Label Barcode yang paling banyak digunakan diantaranya adalah Semicoated, Vallum TTR, dan Yupo. Melihat penggunaan Label Barcode yang semakin banyak, yang digunakan di seluruh Indonesia. Dulu pengguna Label Barcode harus memesan langsung ke Jepang atau Singapura untuk membeli Label Barcode.

Label Semicoated

Label Semicoated atau banyak yang bilang Semikot adalah Label Barcode yang paling banyak digunakan di Indonesia. Faktor yang banyak menentukan banyak pengguna untuk memilih Label Barcode ini adalah Harga, ya Label Semicoated adalah Label Barcode yang paling murah diantara label lainnya. Label Semicoated banyak digunakan untuk sektor Retail, UKM, Konveksi, Distro Clothing bahkan Industri besar sekalipun banyak menggunakan Label Barcode Semicoated.
Karakteristik dari Label Barcode ini adalah label mudah sobek, hasil cetak bisa luntur apabila digosok dengan kuat, serta permukaan label yang terlihat mengkilat.

Label Vallum TTR

Label Vallum TTR secara karakteristik hampir sama dengan Label Semicoated. Dari segi harga pun hampir sama. Yang membedakan adalah dari karakteristik Label Vallum TTR sendiri. Apabila kita lihat perbedaan nya dengan Label Semicoated nampak jelas bahwa Label Vallum TTR tidak terlihat mengkilap atau glossy pada permukaan nya. Ini disebabkan Label Barcode Vallum TTR tidak menggunakan lapisan lagi pada permukaan atas nya.
Hasil cetak lebih tahan gosok dibandingkan dengan Label Semicoated karena Ribbon menyerap kedalam kertas, tetapi apabila terkena percikan air label jenis ini lebih rentan rusak dibandingkan dengan Label Semicoated yang terlindungi oleh lapisan glossy nya.

Label YUPO

Label Yupo bisa dibilang Label Barcode Premium. Dari segi harga label jenis ini terhitung paling mahal dibandingkan label diatas. Penggunaan Label ini pun bisa dibilang terbatas, hanya penggunaan yang khusus dan memang dibutuhkan untuk mengguanakan label yang sesuai dengan spesifikasi khusus yang dimiliki hanya oleh Label Yupo.
Spesifikasi Label Yupo adalah sebagai berikut : Label tidak bisa disobek menggunakan tangan kosong, apabila terdapat cacahan maka Label sangat mudah sobek ( biasanya ini sebagai bagian dari pengamanan atau segel ), hasil cetak tidak akan luntur, Label Yupo tahan segala cuaca.
Label Yupo banyak digunakan oleh PLN sebagai Label Pelanggan dimana dalam Label tersebut terdapat informasi pelanggan PLN yang berguna untuk melakukan pencatatan stand meter menggunakan teknologi Barcode.