JENIS-JENIS LABEL BARCODE

Barcode adalah Media yang digunakan untuk mencetak Barcode menggunakan Printer Barcode. Umumnya label barcode dikemas dalam bentuk Roll. Jumlah Label Barcode dalam satu Roll tergantung ukuran Label itu sendiri,semakin kecil ukuran maka semakain banyak jumlah labelnya.
Sekilas label barcode ini tampak seperti stiker biasa saja, namun sebenarnya dibutuhkan jenis bahan tertentu agar stiker tersebut dapat dicetak menggunakan printer Barcode dan dapat ditempel dengan baik pada sebuah kemasan. Pemilihan material untuk label barcode sangat bergantung pada kegunaannya sendiri, misalnya untuk barang-barang elektronik seperti akan dibuat dari bahan yang kuat/awet sehingga tidak mudah rusak dan pudar. Sedangkan untuk kemasan barang di supermarket umumnya menggunakan kertas Vallum TTR, sedangkan untuk perparkiran sering memakai Thermal Label.

Label Barcode Semi Code

Ukuran sebuah label juga disesuaikan dengan fungsinya dan penempatan barang itu sendiri. Misalnya sebuah kemasan yang besar umumnya menggunakan barcode dengan ukuran yang besar pula sehingga lebih mudah dibaca oleh barcode scanner di dalam sebuah gudang penyimpanan, sekalipun dengan jarak yang cukup jauh.